Berita HUT

PEMERINTAH KABUPATEN SUKSES GELAR UPACARA HUT POL PP & LINMAS

Kuala Tungkal, – Dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke-65, dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Sat Linmas) ke-53 Tahun 2015, Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jum’at( 17/04) lalu, menggelar Upacara Gabungan di Halaman Kantor Bupati Jl. Jenderal Sudirman Ka. Tungkal, bertindak sebagai Inspektur Upacara Dandim 0419/Tanjab Letkol. Inf. Aqsha Erlangga.

Upacara berlangsung hikmad, meski dalam kondisi mendung, udara pagi yang cukup dingin, namun tak menyurutkan semangat peserta upacara untuk mengikuti  Upacara Hari jadi Satpol PP dan Satlinmas tersebut.

Upacara ini dihadiri Wakil Bupati Tanjab Barat Katamso, SA,SE,ME., Kapolres Tanjab Barat, Forkompimda Tanjab Barat, Para Kepala SKPD dan Kepala Bagian di Lingkup Setda Tanjab Barat.

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, dalam sambutannya yang disampaikan Dandim 0419/Tanjab Letkol. Inf. Aqsha Erlangga, mengatakan bahwa secara filosofis, Satpol PP merupakan tangan kanan Kepala Daerah, karena setiap upaya pembangunan di Daerah, mustahil terlaksana jika tertib dan tentram belum tercapai.

Mendagri juga menegaskan, bahwa Satpol PP dan Sat Linmas adalah institusi yang sangat penting dan strategis bagi jalannya roda Pemerintahan di Daerah, dimana peran strategisnya harus menjadi perhatian Pemda, tanpa perhatian yang serius dan dukungan oleh Pemda, maka hasil yang dicapai tidak akan optimal,” tegasnya.

Selanjutnya, dalam sambutannya pula, Mendagri juga mengatakan, dirinya telah menandatangani Permendagri No. 84 tahun 2014 tentang penyelenggaraan perlindungan masyarakat, melalui Permendagri ini diharapkan dapat semakin memperjelas posisi, tugas, dan peran satuan Linmas, sehingga pelayanan kepada masyarakat terkait pertolongan pertama dalam situasi bencana dapat dilakukan secara optimal.

Diakhir sambutannya, Mendagri berpesan kepada Jajaran Satpol PP dan Sat Linmas, untuk meningkatkan profesionalisme dan humanisme dalam setiap pelaksanaan tugas, dengan terus senantiasa mendekatkan diri kepada masyarakat, kemudian kerahkan seluruh kemampuan daya dan upaya untuk membantu Kepala Daerah mewujudkan amanat UU dalam menegakkan Perda dan Perkada, menyelenggarakan ketertiban umum, ketenteraman masyarakat, perlindungan masyarakat dan selalu waspada serta siap untuk memberikan pertolongan kepada masyarakat dalam situasi bencana apapun.

Tema Hut Satpol PP ke-65 dan Sat Linmas ke-53 tahun ini, yaitu “Dengan semangat Hari Ulang Tahun Polisi Pamong Praja Ke-65 dan Hari Ulang Tahun Satuan Perlindungan Masyarakat Ke-53, Kita Tingkatkan Kemampuan Profesional Anggota dalam Penegakan Perda, Pembinaan Ketentraman dan Ketertiban Umum serta Pemberian Pertolongan kepada Masyarakat”.

Post Comment